Tahapan Ujian PKN STAN

Tahapan Ujian

PERSIAPKAN DIRIMU

Tahapan Ujian SPMB PKN STAN berbeda dengan universitas lain. Temukan penjelasannya pada halaman ini.

MAU TIPS & TRIK SERTA MATERI LENGKAP?!

UJIAN TERTULIS

Seperti sudah dijabarkan pada halaman syarat & tata cara pendaftaran, ujian tertulis dilakukan dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT), yang diselenggarakan di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Ujian tertulis terbagi menjadi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Tes Potensi Akademik (TPA), dan Tes Bahasa Inggris (TBI). Berikut penjelasan singkatnya:

SELEKSI KOMPETENSI DASAR (SKD).

Dulunya, tidak ada tahapan tes ini pada Ujian Masuk PKN STAN. Namun, berdasarkan Permenpan, SKD adalah salah satu syarat untuk seleksi CPNS. Karena mahasiswa PKN STAN nantinya akan diangkat menjadi CPNS, maka SKD sekarang menjadi salah satu tahapan ujian tertulis yang harus dilalui. SKD terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Pada bagian soal ini tidak ada benar-salah. Adapun, setiap jawaban memiliki skor yang berbeda, antara 1 sampai 5, dimana jawaban terbaik mendapatkan skor 5. Pertanyaan pada TKP berkisar seputar sikap perilaku yang mencakup 11 aspek.
  2. Tes Intelegensi Umum (TIU). TIU menguji peserta dalam kemampuan verbal,kemampuan numerik,serta kemampuan berpikir logis dan analitis. Model soal pada TIU mirip dengan model soal pada Tes Potensi Akademik (TPA) yang akan dijelaskan di bawah. Pada TIU, tidak ada pengurangan skor untuk jawaban yang salah, sedangkan jawaban benar akan mendapatkan skor 5.
  3. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). TWK menguji kemampuan dan wawasan peserta terkait dengan wawasan kebangsaan seperti Pancasila, UUD 1945, Tata Negara,Sejarah, serta ragam pengetahuan umum lainnya. Pada TWK, tidak ada pengurangan skor untuk jawaban yang salah, sedangkan jawaban benar akan mendapatkan skor 5.

TES POTENSI AKADEMIK (TPA).

Tes Potensi Akademik (TPA) adalah model yang sudah diujikan untuk Ujian Masuk PKN STAN sejak puluhan tahun yang lalu. TPA adalah tes yang menguji kemampuan peserta dalam berbagai aspek, antara lain: sinonim, antonim, serta analogi; kemampuan kuantitatif atau matematika; wacana atau paragraf; pola huruf & bilangan; logika posisi & logika gambar; dan penarikan kesimpulan.

Model soal TPA ini sangat unik, dan berbeda dengan ujian masuk universitas lain. Selain tingkat kesulitan yang tinggi, terbatasnya waktu menjadi tantangan sendiri dala mpengerjaan soal TPA. Untuk dapat sukses, peserta harus membiasakan diri dalam pengerjaan soal-soal dengan model serupa.

Untuk TPA, ada pengurangan skor -1 untuk setiap jawaban salah, sedangkan jawaban benar mendapatkan skor 4.

TES BAHASA INGGRIS (TBI).

Tes Bahasa Inggris menguji kemampuan peserta dalam Bahasa Inggris, yang mencakup antara lain: structure, error recognition, close question; dan Reading. Pada TBI, ada pengurangan skor -1 untuk setiap jawaban salah, sedangkan jawaban benar mendapatkan skor 4.

WAKTU, JUMLAH SOAL, DAN PASSING GRADE.

Berdasarkan pengalaman Ujian Masuk PKN STAN, selalu ada variasi terkait waktu, jumlah soal, dan passing grade yang berlaku. Namun, untuk pelaksanaan Tahun 2019, kita dapat mengacu dari pelaksanaan SPMB PKN STAN 2018. Biasanya, tidak banyak ada perubahan dengan pelaksanaan tahun sebelumnya.

Pada SPMB PKN STAN tahun 2018, seluruh ujian (TPA, TBI, dan SKD) digabung pada suatu sesi, dengan Waktu total 150 menit, dan jumlah soal 175. Hal ini sedikit berbeda dari pelaksanaan Tahun 2017, dimana TPA-TBI dalam satu sesi dengan waktu total 60 menit dan jumlah soal 75; sedangkan SKD dalam satu sesi dengan waktu total 90 menit dan jumlah soal 100.

Acuan waktu, jumlah soal, dan skor dapat disimak pada tabel berikut:

SELEKSI KEMAMPUAN DASAR
(Waktu: 90 menit)

UjianJumlah SoalSkor MaksimalAmbang Batas
TKP35175143
TIU3015080
TWK3517575

TES POTENSI AKADEMIK
(Waktu: 40 menit)

UjianJumlah SoalSkor MaksimalAmbang Batas
TPA4518067

TES BAHASA INGGRIS
(Waktu: 20 menit)

UjianJumlah SoalSkor MaksimalAmbang Batas
TBI3012030

Perlu diperhatikan, Ujian Tertulis PKN STAN menggunakan sistem passing grade atau ambang batas. Untuk lulus, seorang peserta harus mendapatkan skor di atas nilai ambang batas (passing grade) pada SEMUA bagian ujian.

Contoh:
Yudha mendapatkan nilai sempurna pada ujian SKD (500) dan TPA (180). Namun, karena Bahasa Inggrisnya lemah, skor Yudha pada TBI hanya 28,  di bawah nilai ambang batas. Dalam kasus ini, Yudha dinyatakan gugur, karena ada satu bagian ujian (TBI) yang tidak memenuhi nilai ambang batas (meskipun nilai pada bagian ujian yang lain sempurna).

Sungguh menantang bukan? Karena itu, persiapkan dirimu dan pelajari strategi serta tips & trik dalam pengerjaan soal..!!

PSIKOTEST

Pada SPMB PKN STAN 2019, setelah lulus ujian tertulis, ada Ujian Psikotest. Ujian ini tidak ada pada Ujian PKN STAN tahun sebelumnya. Pada pengumuman disebutkan bahwa Ujian Psikotest dilaksanakan satu hari sebelum Ujian Kesehatan dan Kebugaran.

Apa sih Tips dan Trik Ujian Psikotest..?? Kami memiliki materi lengkapnya untuk kamu semua…!!

UJIAN KESEHATAN DAN KEBUGARAN

Pada SPMB PKN STAN 2018, Ujian Kesehatan dan Kebugaran (UKK) hanya diperuntukkan untuk oleh calon mahasiswa Diploma I dan Diploma ill Kepabeanan dan Cukai. Namun demikian, pada pelaksanaan tahun 2019 ini, UKK diperuntukkan untuk seluruh Calon Mahasiswa.

Ujian Kesehatan, meliputi antara lain: pemeriksaan yang mencakup pemeriksaan tinggi dan berat badan, tekanan darah, visus mata, dan/atau pemeriksaan lainnya.

Ujian Kebugaran, yaitu lari mengelilingi lintasan dan shuttle run. Khusus untuk calon mahasiswa Spesialisasi Diploma I dan Diploma III Kepabeanan
dan Cukai, ujian kebugaran ditambah dengan pull up/chinning, push up, sit up dan/atau aktivitas lainnya.

PERSAINGAN TIDAK MUDAH.
PERSIAPKAN DIRIMU SEKARANG JUGA..!!

MATERI LENGKAP. SUPERB METHOD. TIPS & TRIK. KUMPULAN SOAL & LATIHAN. TRY OUT ONLINE.

 

error: