Tentang PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) adalah Perguruan Tinggi Vokasi di bawah naungan Kementerian Keuangan RI yang menyelenggarakan Program Studi Diploma di Bidang Keuangan Negara.

Kampus PKN STAN berlokasi di Jl.BIntaro Utama Sektor V, Tangerang Selatan.

SEJARAH PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN diresmikan pada tanggal 15 Juli 2015 berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI No.137/PMK.01/ 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN. PKN STAN merupakan transformasi dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Dalam sejarahnya, pendirian Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) melalui periode yang cukup panjang. Namun, dari sumber catatan lengkap yang diketahui bahwa berdirinya STAN dapat dirunut sejak tahun 1952. Nama Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dipakai mulai tahun 1975. Perjalanan sejarah Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, sebagai berikut:

  1. Kursus Jabatan Ajun Akuntan yang didirikan Melalui Surat Keputusan Menteri Keuangan No.167941/UP tanggal 31 Juli 1952. Kursus Djabatan Ajun Akuntan (KDAA) meliputi Ajun Akuntan Negara (AAN) yang diselenggarakan di Bandung dan Ajun Akuntan Pajak (AAP) yang diselenggarakan di Jakarta.
  2. Akademi Pajak dan Pabean (AP2) yang dibentuk melalui Keputusan Menteri Keuangan No:248621/UP tanggal 25 November 1957. Akademi ini awalnya bernama Akademi Pajak yang dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan No: 213812/UP pada tanggal 4 Oktober 1956. Penyelenggaraan kuliah Akademi Pajak dan Pabean berada di 3 tempat yang salah satunya dilaksanakan di Jl. Purnawarman 99 Kebayoran Baru Jakarta.
  3. Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara (STIKN), berdiri tahun 1959 berdasarkan Surat Keputusan Menkeu No: 175402/UP/X tanggal 31 Desember 1959. Para mahasiswa STIKN juga berkuliah di kampus Purnawarman atau kampus yang dikenal dengan nama Kampus Sumitro Djojohadikusumo. STIKN merupakan pengganti dari Akademi Pajak dan Pabean yang dibubarkan oleh Menteri Keuangan pada saat itu. Selama periode berdirinya STIKN, terdapat pula beberapa sekolah bidang keuangan lain di antaranya Akademi Treasury Negara (ATN) yang dibentuk pada tahun 1958 oleh Departemen Keuangan dan Akademi Dinas Pemeriksa Keuangan (ADPK) yang didirikan tahun 1963 oleh Badan Pemeriksa Keuangan.
  4. Institut Ilmu Keuangan (IIK) yang berdiri pada tahun 1967 berdasarkan Keppres  No.167 tahun 1968. IIK merupakan peleburan dari STIKN, ATN, dan ADPK dan telah berbentuk perguruan tinggi setara dengan perguruan tinggi lainnya yang melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Namun pada akhirnya IIK dibubarkan pada tahun 1975.
  5. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara pada awalnya bukan merupakan perubahan dari IIK. STAN merupakan salah satu Pusdiklat di bawah Badan Pendidikan dan Latihan keuangan (BPLK) yang dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 45 tahun 1974 jo. Keputusan Presiden Nomor 12 tahun 1967. Pada tanggal 17 Maret 1975 melalui Surat Keputusan Nomor 13495/MPK/1975 diperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan akuntan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada tahun pertama berdirinya, penyelenggaraan pendidikan STAN masih menggunakan kampus Purnawarman. Kampus STAN Bintaro mulai digunakan pada tahun 1988, 2 tahun setelah peresmiannya oleh Menteri Keuangan RI saat itu, Radius Prawiro pada tanggal 16 Juli 1986. Sejak saat itu Kampus Bintaro menjadi kampus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau yang dikenal juga dengan nama kampus Ali Wardhana. Nama kampus Ali Wardhana diberikan sebagai penghargaan kepada Menteri Keuangan era tahun 1968 hingga 1983.

PERKULIAHAN

JURUSAN DAN PROGRAM STUDI

JURUSAN AKUNTANSI

  1. Diploma Empat (D-IV) Akuntansi
  2. Diploma Tiga (D-III) Akuntansi

JURUSAN PAJAK

  1. Diploma Tiga (D-III) Pajak
  2. Diploma Tiga (D-III) Penilai/PBB
  3. Diploma Satu (D-I) Pajak

JURUSAN KEPABEANAN DAN CUKAI

  1. Diploma Tiga (D-III) Kepabeanan dan Cukai
  2. Diploma Satu (D-I) Kepabeanan dan Cukai

JURUSAN MANAJEMEN KEUANGAN

  1. Diploma Tiga (D-III) Kebendaharaan Negara
  2. Diploma Tiga (D-III) Manajemen Aset
  3. Diploma Satu (D-I) Kebendaharaan Negara

SISTEM PERKULIAHAN

Politeknik Keuangan Negara STAN menggunakan sistem “paket”, dimana pada setiap semester/tingkat telah disusun kurikulum dan beban SKS yang harus diselesaikan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Hal ini berbeda dengan di universitas lain, dimana mahasiswa bebas memilih beban SKS dan mata kuliah yang akan dia ambil pada suatu semester.

Jumlah beban SKS yang telah ditentukan adalah: D-I sebanyak 40-50 SKS, D-III sebanyak 110-120 SKS, dan D-IV sebanyak 144-188 SKS.

PKN STAN memberlakukan sistem Drop Out tiap semester. Ada beberapa syarat untuk seorang Mahasiswa dapat dinyatakan lulus pada suatu semester, yaitu:

  1. Tidak boleh terdapat nilai D pada MPK (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian), MPB (Mata Kuliah Perilaku Berkarya), MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya)
  2. Tidak boleh terdapat lebih dari 2 Nilai D pada Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) dan MBB (Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat)
  3. Tidak boleh terdapat nilai E di semua mata kuliah
  4. Semester ganjil IP minimal 2,60
  5. Semester genap IPK minimal 2, 75

Selain syarat di atas, mahasiswa juga wajib untuk memenuhi angka kehadiran minimal 80% untuk setiap mata kuliah. Jika kehadiran kurang dari 80%, maka mahasiswa tidak diperbolehkan mengikuti ujian di mata kuliah tersebut, yang secara otomatis akan di Drop Out, karena nilai mata kuliah tersebut menjadi E.

Selain itu, integritas sangat dijunjung tinggi oleh PKN STAN. Setiap kecurangan, seperti plagiat, mencontek saat ujian, dan semacamnya, akan langsung diganjar dengan nilai E pada Mata Kuliah yang bersangkutan, sehingga otomatis akan di DO.

Terlihat susah dan menyeramkan?

Tidak juga. Memang, setiap semester, ada saja Mahasiswa yang di Drop Out, karena tidak mampu memenuhi salah satu syarat yang disebutkan di atas. Namun, apabila mampu mengatur waktu dengan baik dan berusaha sungguh-sungguh, tantangan itu akan dapat dilewati dengan baik.

Buktinya Banyak.

Faktanya, Mahasiswa PKN STAN mampu menunjukkan prestasi yang cemerlang, baik di sisi akademis maupun non-akademis dalam berbagai event dan kegiatan, baik di internal kampus maupun eksternal.

Prestasi di bidang non-akademis ini ditunjang dengan banyaknya  UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan berbagai Elemen Kampus yang bisa diikuti pada berbagai bidang, seperti keorganisasian, musik, olahraga, kesenian, bahasa, kebudayaan, dan lain sebagainya.

KEUNGGULAN KULIAH DI PKN STAN

KAMPUS TERBAIK

Kualitas PKN STAN tidak perlu diragukan lagi, baik sisi akademis maupun non-akademis.

Dosen dan Pengajar PKN STAN mayoritas adalah Praktisi dan Akademisi dari Kementerian Keuangan dan Instansi Pemerintah lainnya, serta para profesional yang berpengalaman di bidangnya. Tidak hanya belajar teori, kamu langsung belajar penerapan dan praktek di lapangan dari para ahlinya.

Fasilitas serta sarana dan prasarana di PKN STAN sangat lengkap dan nyaman, juga Perpustakaan dengan koleksi Buku dan literatur yang lengkap.

Kegiatan non-akademis juga didukung penuh oleh Kampus, dengan ragam UKM dan Elemen Kampus pada berbagai bidang.

BEBAS BIAYA

Semua biaya perkuliahan di PKN STAN ditanggung oleh Negara, semuanya GRATIS. Buku & Modul perkuliahan juga disediakan oleh Kampus.

Mahasiswa hanya perlu menyediakan biaya hidup pribadi selama menjalani perkuliahan di Kampus; seperti biaya kos/kontrakan rumah, makan, dan pengeluaran sehari-hari lainnya.

Ini tentu sangat meringankan beban Orang Tua dan keluarga. Apalagi saat ini biaya pendidikan di tempat lain semakin mahal.

IKATAN DINAS

Lulus Kuliah, tapi susah cari kerja? Hal ini tidak berlaku bagi para Alumni PKN STAN.

Lulusan PKN STAN akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Keuangan dan Instansi Pemerintah lainnya, seperti Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), serta Kementerian dan Badan/Lembaga Pemerintah lainnya; dengan jenjang karir dan masa depan yang jelas dan terarah.

Peluang beasiswa untuk melanjutkan pendidikan setelah berkerja nanti, juga terbuka lebar dengan berbagai tawaran beasiswa dari S1/D-IV, S2, sampai S3, baik di dalam maupun luar negeri.

VIDEO PROFIL PKN STAN

dari Akun Youtube resmi
PKN STAN

MAU KULIAH DI PKN STAN?

Pelajari lebih lanjut syarat, tata cara pendaftaran, dan tahapan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN.

KLIK DISINI

Syarat & Tata Cara Pendaftaran serta Tahapan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN

KLIK DISINI

Daftar Sekarang Bimbel Online Spartan untuk sukses lulus SPMB PKN STAN

error: