Berita

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN – Apa saja tahapannya?

Kak…. Apa saja sih tahapan ujian SPMB PKN STAN..??

Sekarang apa dulu..??

Eh, emang beda ya..?? Gimana tuh…??

Jadi gini ya, seperti sudah pernah dijelasin di artikel soal Ikatan Dinas PKN STAN, jadi kita bisa bagi Ujian Masuk STAN menjadi sebelum dan sesudah era SKD untuk mahasiswa Kedinasan “dipindah” dari setelah lulus menjadi sebelum masuk.

Oke, jadi dari tahun-tahun yang entah mulai kapan; SPMB PKN STAN, atau kalau dulu dikenal sebagai USM STAN (Ujian Saringan Masuk STAN), untuk program diploma 1 dan diploma 3, terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI); yang secara umum, biasanya jumlah soalnya tetap:

  • Tes Potensi Akademik (TPA) 120 soal, waktu 100 menit.
  • Tes Bahasa Inggris (TBI) 60 soal, waktu 50 menit.

Dengan metode menggunakan LJK (Lembar Jawab Komputer). Yaudah tuh, kita datang di lokasi ujian, duduk, dibagi soal dan lembar jawab, terus nanti cara jawabnya pake pensil 2 b buat lingkarin jawaban yang benar. Nah, tahap pertama kan TPA dulu. Baru setelah itu jeda sebentar, tapi bukan istirahat ya. Cuma jeda, pengawas mengambil soal TPA, dan kita boleh mulai mengerjakan TBI. Jadi 2 ujian itu terpisah; meskipun lembar jawabnya satu.

Jawaban benar dapat skor 4, jawaban salah dapat pengurangan -1.

Kemudian, ada yang namanya Nilai Mati.

Jadi, kita dianggap punya nilai mati, ketika jumlah jawaban benar kita di suatu bagian tes (TPA atau TBI), kurang dari 1/3 dari jumlah soal.  Nilai Mati berarti langsung gugur. Tanpa peduli berapapun Nilai kita di ujian lain.

Jadi, untuk TPA, minimal kita harus jawab benar 40 soal (dari 120); dan untuk TBI minimal harus jawab benar 20 soal (dari 60).

Contonya nih, Mr. X berhasil mengerjakan seluruh ujian TPA, dan BENAR SEMUA.  Namun, di TBI, dia hanya berhasil menjawab dengan benar 15 soal, sisanya salah atau tidak menjawab. Dalam hal ini, TBI Mr.X kena Nilai Mati. Jadi, walaupun TPA nya sempurna; Mr.X tetap langsung dinyatakan gagal. Kejam ya..??

Nah, maka dari itu, emang untuk mengerjakan USM STAN ini harus pake strategi. Gak boleh sembarangan….

Nah, kemudian, setelah berakhirnya masa morotarium PNS (Medio sekitar 2011 – 2012, Pemerintah sempat 2 tahun tidak membuka penerimaan CPNS, termasuk mahasiswa kedinasan; untuk menyeimbangkan jumlah PNS di Indonesia),  pada USM STAN 2013, selain ujian tertulis, ada juga yang namanya Ujian Kesehatan dan Kebugaran; serta Ujian Wawancara. Ini sebelumnya gak ada. Kecuali Ujian Kesehatan dan Kebugaran yang dulu hanya untuk calon mahasiswa Program Diploama 1 dan 3 Bea Cukai.

Tapi ujian tertulisnya tetap sama. Tahun-tahun selanjutnya juga demikian; kecuali ujian wawancara, yang kadang ada kadang enggak. Pokoknya bervariasi lah. Itu begitu terus, sampai kemudian ada peraturan, bahwa SKD untuk Mahasiswa Kedinasan, diselenggarakan bersamaan dengan Ujian masuknya.

Setelah itu, jadi gimana..??

Nah, inilah era sekarang. Sudah 2 tahun belakangan ini. Sekarang dikenal sebagai Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN, atau SPMB PKN STAN. Ini sistemnya udah berbeda dari dulu.

Nah, sebagai gambaran, kita bisa melihat tahapan seleksi yang berlaku pada SPMB 2018, biasanya untuk tahun berikutnya, sistemnya mirip.

Nah, berikut ini penjelasannya…..


 

UJIAN TERTULIS

ujian tertulis dilakukan dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT), yang diselenggarakan di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Pada SPMB PKN STAN 2018, ujian tertulis terbagi menjadi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Tes Potensi Akademik (TPA), dan Tes Bahasa Inggris (TBI). Berikut penjelasan singkatnya:

SELEKSI KOMPETENSI DASAR (SKD).

SKD terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Pada bagian soal ini tidak ada benar-salah. Adapun, setiap jawaban memiliki skor yang berbeda, antara 1 sampai 5, dimana jawaban terbaik mendapatkan skor 5. Pertanyaan pada TKP berkisar seputar sikap perilaku yang mencakup 11 aspek.
  2. Tes Intelegensi Umum (TIU). TIU menguji peserta dalam kemampuan verbal,kemampuan numerik,serta kemampuan berpikir logis dan analitis. Model soal pada TIU mirip dengan model soal pada Tes Potensi Akademik (TPA) yang akan dijelaskan di bawah. Pada TIU, tidak ada pengurangan skor untuk jawaban yang salah, sedangkan jawaban benar akan mendapatkan skor 5.
  3. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). TWK menguji kemampuan dan wawasan peserta terkait dengan wawasan kebangsaan seperti Pancasila, UUD 1945, Tata Negara,Sejarah, serta ragam pengetahuan umum lainnya. Pada TWK, tidak ada pengurangan skor untuk jawaban yang salah, sedangkan jawaban benar akan mendapatkan skor 5.

TES POTENSI AKADEMIK (TPA).

Tes Potensi Akademik (TPA) adalah model yang sudah diujikan untuk Ujian Masuk PKN STAN sejak puluhan tahun yang lalu. TPA adalah tes yang menguji kemampuan peserta dalam berbagai aspek, antara lain: sinonim, antonim, serta analogi; kemampuan kuantitatif atau matematika; wacana atau paragraf; pola huruf & bilangan; logika posisi & logika gambar; dan penarikan kesimpulan.

Model soal TPA ini sangat unik, dan berbeda dengan ujian masuk universitas lain. Selain tingkat kesulitan yang tinggi, terbatasnya waktu menjadi tantangan sendiri dala mpengerjaan soal TPA. Untuk dapat sukses, peserta harus membiasakan diri dalam pengerjaan soal-soal dengan model serupa.

Untuk TPA, ada pengurangan skor -1 untuk setiap jawaban salah, sedangkan jawaban benar mendapatkan skor 4.

TES BAHASA INGGRIS (TBI).

Tes Bahasa Inggris menguji kemampuan peserta dalam Bahasa Inggris, yang mencakup antara lain: structure, error recognition, close question; dan Reading. Pada TBI, ada pengurangan skor -1 untuk setiap jawaban salah, sedangkan jawaban benar mendapatkan skor 4.

 

WAKTU, JUMLAH SOAL, DAN PASSING GRADE.

Berdasarkan pengalaman Ujian Masuk PKN STAN, selalu ada variasi terkait waktu, jumlah soal, dan passing grade yang berlaku. Namun, untuk pelaksanaan Tahun 2019, kita dapat mengacu dari pelaksanaan SPMB PKN STAN 2018. Biasanya, tidak banyak ada perubahan dengan pelaksanaan tahun sebelumnya.

Pelaksanaan pada SPMB PKN STAN 2018, penjelasannya dapat disimak pada tabel berikut:

SELEKSI KEMAMPUAN DASAR
(Waktu: 90 menit)

Ujian Jumlah Soal Skor Maksimal Ambang Batas
TKP 35 175 143
TIU 30 150 80
TWK 35 175 75

TES POTENSI AKADEMIK
(Waktu: 40 menit)

Ujian Jumlah Soal Skor Maksimal Ambang Batas
TPA 45 180 67

TES BAHASA INGGRIS
(Waktu: 20 menit)

Ujian Jumlah Soal Skor Maksimal Ambang Batas
TBI 30 120 30

Ujian Tertulis PKN STAN menggunakan sistem passing grade atau ambang batas. Untuk lulus, seorang peserta harus mendapatkan skor di atas nilai ambang batas (passing grade) pada SEMUA bagian ujian. Mirip dengan sistem Nilai Mati yang berlaku dulu.

Contoh:
Yudha mendapatkan nilai sempurna pada ujian SKD (500) dan TPA (180). Namun, karena Bahasa Inggrisnya lemah, skor Yudha pada TBI hanya 28,  di bawah nilai ambang batas. Dalam kasus ini, Yudha dinyatakan gugur, karena ada satu bagian ujian (TBI) yang tidak memenuhi nilai ambang batas (meskipun nilai pada bagian ujian yang lain sempurna).

Sungguh menantang bukan? Karena itu, persiapkan dirimu dan pelajari strategi serta tips & trik dalam pengerjaan soal..!!

UJIAN KESEHATAN DAN KEBUGARAN

Pada SPMB PKN STAN 2018, Ujian Kesehatan dan Kebugaran (UKK) hanya diperuntukkan untuk oleh calon mahasiswa Diploma I dan Diploma III Kepabeanan dan Cukai. Namun demikian, pada pelaksanaan tahun 2017, UKK diperuntukkan untuk seluruh Calon Mahasiswa. Jadi, ya siap-siap aja. Tunggu aja pengumuman resminya nanti.

Oleh karena itu, sambil menunggu pengumuman resmi, kamu harus tetap memahami apa saja yang harus dipersiapkan untuk UKK. Pada prinsipnya, UKK terbagi atas Ujian Kesehatan dan Kebugaran.

Ujian Kesehatan, meliputi antara lain: pemeriksaan yang mencakup pemeriksaan tinggi dan berat badan, tekanan darah, visus mata, dan/atau pemeriksaan lainnya.

Ujian Kebugaran, meliputi antara lain: lari mengelilingi lintasan, shuttle run (lari membentuk angka 8), pull up/chinning, push up, sit up,dan/atau aktivitas lainnya. Seperti dijelaskan sebelumnya, Ujian kebugaran berupa Lari keliling dan Shuttle run diujikan untuk seluruh calon mahasiswa pada 2017; meskipun tahun 2018 hanya untuk calon mahasiswa Bea Cukai.


Nah, jadi gitu penjelasannya; terkait tahapan Ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN. Tapi nih ya, meskipun tahapannya beda, model soal TPA dan TBI nya secara umum masih sama kok. Jadi, dengan belajar soal-soal PKN STAN tahun terdahulu, akan sangat membantu kamu mengenal dan memahami model-model soal yang sering keluar. Nah, tinggal lengkapi dengan belajar materi ujian SKD.

Kalau kamu bingung kemana harus cari materi, cuss langsung ke penjelasan layanan ujianmasukstan.com , sebuah bimbingan belajar online persembahan dari Spartan, yang dirintis oleh 2 orang alumni PKN STAN, dan didukung oleh Tim Penyusun yang solid.

Keunggulannya banyak..!!    Materi yang lengkap, cara cepat dan tepat pengerjaan soal (superb method), ragam model soal yang sering keluar, contoh soal, tips & trik belajar dan menghadapi ujian, dilengkapi juga dengan kumpulan soal dan pembahasan ujian tahun-tahun sebelumnya.

Dan tentunya, kamu bisa menguji kesiapan kamu dan progress belajar melalui Try Out Online dengan sistem yang mirip dengan ujian sebenarnya (CAT).

 

Nah.. sekarang jadi ngerti deh bagaimana tahapan SPMB PKN STAN. Sekarang tinggal belajar tekun dan berjuang supaya bisa diterima…!!!  Semangat….!!!

 

  Subscribe  
Notify of
error: